Senin, 09 Januari 2012

Kunci Elektris Sebagai Pengaman Pintu Rumah Menggunakan AT89S52

Rangkaian pendeteksi ini terdiri dari 8 buah optocoupler jenis GP1S53V, dimana setiap optocoupler mewakili data 1 bit yang masuk kedalam mikrokontroller, jadi satu kartu memiliki nilai 8 bit data yang akan dibandingkan dengan data yang telah diinput pada mikrokontroller. Optocoupler yang terhalang tidak akan meneruskan arus yang masuk dan tegangan yang dibutuhkan oleh mikrokontroler sehingga mikrokontroller membaca data dengan nilai 0, sedangkan yang tidak terhalang oleh kartu akan meneruskan arusnya sehingga akan menghasilkan tegangan dan mikrokontroller akan membaca data dengan nilai 1.
Resistor yang dipasang berguna untuk menghambat arus yang masuk sehingga mencegah arus yang berlebih yang melalui photodioda. Agar photodioda dapat bekerja dengan baik, maka harus dilewati dengan arus forward yaitu arus yang dibutuhkan agar diode mengalami bias forward. Pada datasheet tercantum bahwa arus forward pada optocoupler GP1S53V ini sebesar 50 mA, oleh karena itu ketika diberi masukan tegangan sumber sebesar 5 volt (yang disuplay oleh catu daya) diberikan hambatan sebesar 100Ω.
Data yang dimasukkan kedalam mikrokontroller sebagai pembanding yaitu 0000001b untuk kartu reset, dan 00000010b untuk kartu pembuka pintu. Rangkaian pendeteksi ini dihubungkan ke port 3 pada mikrokontroller AT89S52. Apabila optocoupler terhalang oleh kartu maka akan memberikan data 0 pada mikrokontroler, hal ini terjadi dikarenakan tidak ada arus yang mengalir pada kaki basis phototransistor sehingga phototransistor berada pada keadaan cutoff, pada keadaan ini hambatan pada kaki basis diasumsikan besar atau mencapai tak hingga.
Dengan tidak adanya arus yang mengalir pada kaki basis phototransistor membuat phototransistor berada pada keadaan cut off, hal ini membuat mikrokontroler membaca data 0. Namun optocoupler yang tidak terhalang oleh kartu akan memberikan data 1 pada mikrokontroler, hal ini terjadi dikarenakan arus yang mengalir pada kaki basis phototransistor yang menyebabkan photo transistor berada pada keadaan saturasi (keadaan jenuh), dimana pada keadaan ini arus mengalir dari kaki colector menuju ke pentanahan. Ketika ada arus yang mengalir pada kaki basis dan membuat phototransistor berada pada keadan saturasi inilah mikrokontroler akan membaca data 1. Resistor yang dipasang pada kaki 4 optocoupler (kaki emitor pada phototransistor) berfungsi untuk menghambat arus yang masuk pada mikrokontroler.




*Data lengkap Kunci Kunci Elektris Sebagai Pengaman Pintu Rumah Menggunakan AT89S52 ini sebanyak 35 halaman berupa E-Book Tugas Akhir yang dibuat oleh seorang mahasiswa PTN yang saya sertakan di dalam CD Downloader USB sebagai fasilitas atau panduan belajar mikrokontroler.

Artikel Terkait Lainnya :


0 comments:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites