Senin, 09 Januari 2012

Display Matrix Berbasis Mikrokontroler AT89S51

Bagian Elektronik
Bagian elektronik meliputi:
1. Perencanaan rangkaian
2. Percobaan laboratorium
3. Proses pembuatan papan rangakain tercetak
4. Pemasangan komponen
5. Perakitan

Bagian Pembuatan Program
Pemrograman dilakukan dengan menggunakan bahasa Assembler MCS51 dengan program ALDS. Adapun langkahlangkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Membuat diagram alir (flow chart) dari program yang akan dibuat
  2. Mengubah diagram alir tersebut kedalam bahasa pemrograman Assembler MCS51.
  3. Menyimpan program tersebut.
  4. Mengkompilasi program yang telah selesai dibuat ke memori sampai program betul dan bekerja dengan baik.
  5. Hasil kompilasi program dikodekan dari kode heksa ke kode biner dan diisikan ke EPROM.

Bagian Mekanik
Proses pembuatan bagian mekanik meliputi: proses pembuatan kotak, proses pengecatan, dan proses pemberian tanda / fungsi tombol.


Cara Kerja Rangkaian
Alat Display Matrik ini terdiri dari 5 komponen utama yaitu :
Mikrokontroler, IC ULN2003, IC 74HC573, Transistor BC 327 dan rangkaian Led / Display Matrik. Adapun cara kerja keseluruhan rangkaian dapat dijelaskan sebagai
berikut :
  1. Mikrokontroler mendapat input tegangan 12 V dan mempunyai fungsi melakukan proses pengolahan data yang sudah di program dulu lewat IC downloader.
  2. Kemudian keluaran dari mikrokontroler pada port P0.0 – P0.4 masuk ke IC ULN2003 yang keluarannya berfungsi sebagai penguat darlington lampu LED pada 5 baris dalam setiap bloknya.
  3. Selanjutnya keluaran dari mikrokontroler pada port P2.0 – P2.6 masuk ke IC 74HC573 yang keluarannya berfungsi sebagai penyangga atau buffer ketransistor BC327 sekaligus menjadi input tegangan lampu LED pada 7 kolom matrik perbloknya.
  4. Setelah kedua keluaran dari IC ULN2003 sebagai input tegangan pada 5 baris dalam setiap bloknya dan IC 74HC573 sebagai buffer Transistor BC327 sekaligus input tegangan untuk lampu LED pada 7 kolom perbloknya maka Display matrik bisa menyala menampilkan tulisan Dekan, PD I, PD II, dan PD III ada dan tidak ada sesuai dengan program yang telah didownload oleh mikrokontroler.



*Data lengkap Display Matrix Berbasis Mikrokontroler AT89S51 ini sebanyak 59 halaman berupa E-Book Tugas Akhir yang dibuat oleh seorang mahasiswa PTN yang saya sertakan di dalam CD Downloader USB sebagai fasilitas atau panduan belajar mikrokontroler.

Artikel Terkait Lainnya :


0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites