Senin, 09 Januari 2012

Pengendalian Pintu Gerbang dengan HP Menggunakan AT89S8252

Suatu sistem pengamanan adalah hal yang sangat didambakan oleh setiap orang, baik di rumah ataupun di kantor. Berbagai bentuk cara yang dilakukan orang untuk mengamankan rumah ataupun kantornya. Seperti membuat suatu tembok untuk memagari rumah ataupun kantornya tersebut dengan menggunakan beton atau besi.
Tentunya sebagai jalan masuk atau keluar diperlukan suatu gerbang. Gerbang tersebut biasanya dijaga oleh seorang petugas seperti halnya satpam. Permasalahan yang mungkin terjadi dengan menggunakan sistem keamanan seperti ini adalah mungkinkah satpam tadi tetap berada di dekat gerbang tersebut kapanpun kita butuhkan? Tentu suatu hal yang belum pasti. Adalah suatu hal yang sangat menjenuhkan kalau kita sampai menunggu untuk waktu yang begitu lama hingga gerbang di buka. Masalah lain yang timbul yaitu ketika hari sedang hujan dan kita harus turun dari kendaraan untuk membuka gerbang. Dari penjelasan ini dapat disimpulkan bahwa komunikasi antara pemilik rumah dengan gerbang ternyata sangatlah penting.
Komunikasi merupakan salah satu kebutuhan manusia yang sangatlah penting karena dengan berkomunikasi manusia dapat saling bertukar informasi satu dengan yang lainnya. Salah satu komunikasi jarak jauh yang sering digunakan adalah melalui HP (Handphone). Saluran dari HP ini dapat juga digunakan untuk melakukan pengiriman data yaitu dengan sistem DTMF (Dual Tone Multiple Frequency). Data ini dapat di kirim melalui tombol keypad yang terdapat pada HP.
Sistem pengiriman data menggunakan sinyal DTMF merupakan system pengiriman data dengan dua sinyal frekuensi, yaitu frekuensi tinggi dan frekuensi rendah. Jika diperhatikan suara dari tiap tombol nomor telepon yang ditekan akan menghasilkan suara yang berbeda hal ini dapat kita ukur dengan menggunakan osiloskop. Oleh sebab itu, saya mencoba untuk merancang suatu alat yang dapat diaplikasikan atau digunakan pemilik rumah untuk berinteraksi dengan gerbang tersebut baik dari jarak jauh maupun dari jarak dekat.
Alat ini menggunakan kode pengaman atau password, untuk mencegah penggunaan alat dari orang yang tidak dikehendaki. Alat ini juga dapat digunakan secara manual.
Secara garis besar, perancangan pintu gerbang dengan menggunakan password HP ini terdiri dari power supplay, mikrokontroler AT89S8252, driver motor stepper, motor stepper, display seven segmen, penguat, DTMF dekoder, dan saklar batas dan tombol manual. Secara garis besar :
  • Power supplay berfungsi sebagai sumber tegangan dari seluruh system agar system dapat bekerja.
  • AT89S8252 merupakan pusat kendali dari seluruh rangkaian. Dimana mikrokontroler akan mengambil data yang dikirimkan oleh DTMF decoder kemudian membandingkannya dengan nilai yang benardan juga mengecek sinyal yang dikirimkan oleh saklar batas, kemudian mengendalikan motor stepper.
  • Driver motor stepper berfungsi untuk mengendalikan perputaran dari motor stepper, sehingga dengan demikian perputaran dari motor stepper yang berfungsi untuk membuka/menutup pintu gerbang agar dapat dikendalikan oleh mikrokontroler.
  • Motor stepper berfungsi untuk mengendalikan proses membuka/menutup pintu gerbang.
  • Saklar batas berfungsi untuk mengetahui apakah pintu gerbang telah terbuka lebar atau telah tertutup rapat.
  • Tombol manual berfungsi untuk membuka/menutup pintu gerbang secara manual.
  • Penguat berfungsi untuk menguatkan sinyal yang dikirimkan oleh HP.
  • DTMF dekoder berfungsi untuk menterjemahkan sinyal DTMF yang dikirimkan oleh HP menjadi 4 bit data biner agar dapat dikenali oleh mikrokontroler.
  • Display seven segmen berfungsi untuk menampilkan angka hasil terjemahan dari DTMF dekoder.




*Data lengkap Pengendalian Pintu Gerbang dengan HP Menggunakan AT89S8252 ini sebanyak 61 halaman berupa E-Book Tugas Akhir yang dibuat oleh seorang mahasiswa PTN yang saya sertakan di dalam CD Downloader USB sebagai fasilitas atau panduan belajar mikrokontroler.


Artikel Terkait Lainnya :


0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites