Sabtu, 18 Juni 2011

Mengenal Google Sandbox

Google sandbox adalah filter yang dibuat oleh google sekitar beberapa tahun yang lalu. Google sandbox ini semacam hukuman dari google kepada web atau blog yang melakukan optimasi SEO terlalu berlebihan. Tujuan dari filter ini adalah untuk memerangi spam. Biasanya google sandbox imi diterapkan kedomain baru yang umurnya kurang dari 6 bulan yang tiba-tiba mendapatkan traffic bagus dari Search Engine karena optimasi atau link berlebih. Google sandbox ini tidak peduli seberapa baik anda dalam mengelola optimasi website atau blog anda. Efek dari sandbox ini bervariasi, tergantung dari seberapa parah kesalahan kita hingga kita menerima hukuman tersebut. Kalau artikel atau URL tertentu yang masuk kedalam sandbox itu bisa cepat keluar dengan beberapa tips dari Cara Mengatasi Blog yang Masuk Google Sandbox. Tetapi kalau blog kita, entahlah seberapa cepat dari tips tersebut belum bisa menjamin.
Jadi ketika peringkat kita turun terus menerus hingga terlihat tak wajar, maka bisa jadi kita berada pada sandbox google. Untuk mengetahui blog yang masuk dalam jeratan google sandbox bisa dicek pada seperti artikel pada Ciri-ciri Blog yang Masuk Google Sandbox. Mungkin sempat terfikir bagi yang mempunyai website atau blog traffic besar bahwa hukuman ini tidak adil. Tetapi menurut Google, hukuman penundaan sementara masuknya situs baru adalah untuk mendorong webmaster dalam membangun konten, bukannya membangun jaringan mini. Karena google juga tidak ingin mengurangi reputasinya sebagai search engine dengan banyaknya website atau blog baru. Hukuman dari google sandbox ini tidak dapat dihindari, tetapi kita dapat minimalkan kerusakkan atau hukumannya dari efek sandbox ini. Sehingga harus cukup bersabar untuk keluar dari efek sandbox ini, sehingga efek sandbox ini secara perlahan tanpa kita ketahui dapat menghilang.
Google tidak mengkonfirmasi keberadaan hukuman atas google sandbox ini dan efeknya pula bisa mematikan. Dan hal ini bisa mengingatkan kita bahwa google tidak hanya lalu lintas search engine saja, tetapi kita juga harus membuat beberapa arus lalu lintas untuk meminimalkan hukuman sandbox. Jadi buat Tahun 2011 ini harus lebih berhati-hati dalam melakukan optimasi SEO, karena sekarang google lebih ketat dalam menyaring website SPAM, AGC, COPAS, dan OPTIMASI yang tidak natural. Banyak penyebab masuknya blog kita ke Google Sandbox, diantaranya pada postingan Penyebab Blog Masuk kedalam Google Sandbox.

Artikel Terkait Lainnya :


0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites