Selasa, 14 Februari 2012

Sensor Gas Karbon Monoksida TGS 2442

Sensor Gas TGS 2442

Sensor TGS 2442 berfungsi sebagai pendeteksi gas KarbonMonoksida (CO). Sensor ini mempunyai nilai resistansi Rx yang akan berubah bila terkena gas Karbon Monoksida (CO). Selain itu sensor ini juga mempunyai sebuah pemanas (heater) yang digunakan untuk membersihkan ruangan sensor dari kontaminasi udara luar. Elemen dari sensor terdiri dari bahan semikonduktor, metaloksida dan aluminasubtrate yang digabung bersama heater (pemanas). Dalam pendeteksian gas Karbon Monoksida (CO), perubahan daya konduksi sensor tergantung pada konsentrasi gas yang dideteksi. Rangkaian eletronika sederhana dapat merubah daya konduksi menjadi sinyal keluaran dengan penyesuaian pada konsentrasi gas. Berikut ini spesifikasi dari sensor TGS 2442 :
  • Target Gas : Carbon monoxide
  • Output : Resistance
  • Typical Detection Range : 30ppm - 1.000ppm
  • Heater Voltage : 5 ± 0.2 (DC/AC)
  • Sensor resistance : 6.81KW - 68.1KW (pada 100ppm)


Rangkaian Dasar TGS 2442
Gambar Rangkaian Dasar TGS2442

Sensor membutuhkan tegangan (Vc) input 5V yang dihubungkan pada heater (Vh) dan Rs, tegangan Vc digunakan sebagai tegangan input Rs di dalam sensor. Rs merupakan resistansi sensor yang terhubung pada pin 2 dan pin 3 pada sensor, dan merupakan elektroda sensor. Pada pin 2 diberikan hambatan (RL) dan sebagai output tegangan dari sensor yang kemudian dihubungkan pada rangkaian ADC. Tegangan Vc juga digunakan sebagai input pada elemen heater (pemanas) yang terhubung pada pin 1 dan 2 di dalam sensor.

Untuk menentukan nilai konsentrasi gas KarbonMonoksida terlebih dahulu harus mengetahui nilai Rs, nilai Rs merupakan nilai konsentrasi gas untuk menentukan nilai satuan yang diukur, dalam hal ini nilai satuan gas dinyatakan sebagai ppm. Satuan ppm merupakan Part per Milion yang artinya partikel per sejuta, dan nilai Rs dapat ditentukan dengan rumus seperti berikut :

Rs = ((Vcc x RL) / Vout) – RL

Vcc merupakan tegangan input yang dibutuhkan pada rangkaian, dalam hal ini Vcc diberikan tegangan 5V. RL merupakan hambatan pada sensor dan diberikan hambatan sebesar 20 K ohm, sedangkan Vout merupakan nilai output sensor yang nilainya selalu berubah-ubah. Sebagai acuan atau pembanding untuk mengetahui nilai ppm dibutuhkan tabel Rs dan nilai konsentrasi gas Karbon Monoksida (ppm), dan nilai tersebut dapat dilihat pada gambar 3.4 karena kepekaan sensor TGS 2442 berada pada 30 – 1000 ppm maka nilai Rs tertinggi berada pada 5 dan nilai konsentrasi gas CO berada pada 30 ppm, sedangkan nilai Rs terendah berada pada 0.08 dan nilai konsentrasi gas CO berada pada 1000 ppm.

Karakteristik TGS 2442

Grafik Konsentrasi Gas (ppm) Terhadap Nilai Rs

Artikel Terkait Lainnya :


0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites