Rabu, 15 Februari 2012

Cara Membuat PCB dengan Teknik Setrika

Sebetulnya, agak malas juga posting ini, hehe. Tapi berhubung bertanding SEO mengenai judul Cara Membuat PCB dengan Teknik Setrika, okelah saya jabarkan teknik cetak PCB ini, dan pastinya yang biasa saya lakukan. Berikut langkah-langkah membuat PCB dengan Teknik Setrika.
Cara Mencetak PCB

Cara Membuat PCB Teknik Setrika :
  1. Print layout PCB tersebut pada kertas biasa. Lalu foto copy layout tersebut pada kertas glossy dengan tinta toner (laser jet). Jika di rumah sudah menggunakan printer laser jet, dapat juga langsung diprint pada kertas glossy.
  2. Gunting gambar tersebut sekitar 2mm dari tepi layout.
  3. Siapkan PCB, dan potong PCB tersebut seukuran dengan kertas glossy yang telah dipotong.
  4. Gosok PCB tersebut dengan serat baja (jika ada) agar PCB bersih dan tidak ada bekas telapak tangan. Setelah digosok dengan serat baja, bersihkan PCB tersebut dengan tisyu (digosok pula).
  5. Panaskan setrika, atur panas setrika secukupnya. (saya sendiri mengatur panas setrika pada level akhir).
  6. Ketika sudah panas, letakkan kertas glossy tersebut diatas papan PCB. Jalur PCB saling berhadapan dengan tembaga di PCB.
  7. Jika sudah pas, tempelkan setrika pada sudut kertas. Agak perlahan, geser setrika tersebut hingga secara perlahan tinta akan menempel pada tembaga secara menyeluruh.
  8. Ketika dirasa sudah cukup, angkat setrika. Masukkan PCB tersebut didalam air, dan rendam. Tunggu hingga kertas melepas sendiri dari papan PCB, kurang lebih 15menit tergantung kertas yang dgunakan.
  9. Bersihkan sisa-sisa kertas yang masih menempel pada PCB.
  10. Angkat PCB, perhatikan jalur PCB. Ada yang terputus atau tidak. Apabila ada jalur yang terputus, gunakan spidol permanen untuk menyambung jalur tesebut. Jika tidak ada, angin-anginkan PCB agar kering dari air tersebut.
  11. Siapkan tempat pelarutan atau wadah plastik. Masukkan pelarut (Ferric Chloride / FeCl3) secukupnya pada tempat tersebut, tuangkan sedikit air pada tempat tersebut, guna untuk mempercepat pelarutan.
  12. Tunggu hingga cairan tersebut dingin.
  13. Masukkan PCB pada wadah tersebut, dengan posisi tembaga menghadap ke atas (terkena cairan).
  14. Agar proses pelarutan cepat, goyang-goyangkan wadah tersebut. Ketika menggoyang-goyangkan wadah tersebut, perhatikan tembaga pada PCB, secara perlahan tembaga yang tidak tertutup tinta akan menghilang.
  15. Jika tembaga pada PCB yang tidak tertutup tinta sudah benar-benar hilang, angkat PCB. Cuci bersih PCB dengan air.
  16. Cuci bersih juga wadah tersebut dengan air, setelah itu masukkan sedikit Multi Solvent M3 atau bisa juga dengan bensin. Rendam PCB tersebut didalamnya.
  17. Rendam selama kurang lebih 10-15menit. Setelah selama itu, hilangkan tinta yang menempel pada PCB dengan kain di dalam rendaman tersebut dengan cara digosok 1 arah. Alhasil tinta tidak membekas di PCB.
  18. Ketika sudah selesai, bersihkan PCB dengan air (jika dengan cairan M3, jika dengan bensin bersihkan dengan sabun untuk menghilangkan baunya).
  19. Gosok kembali PCB tersebut dengan serat baja secara searah agar PCB nampak bersih dan bening.
  20. Sesudah digosok dengan serat baja, gosok kembali dengan tisyu guna membersihkan sisa-sisa tembaga yang terkikis dengan serat baja.
  21. Agar PCB terlindungi dari korosi dan mudah disolder, oleskan secara searah dan merata dengan gondorukem (ardat solder) yang telah dicairkan dengan bensin.
  22. Sebelum dibor, tunggu kering terlebih dahulu cairan tersebut selama kurang lebih 2-3 hari.
  23. Alhamdulillah, selesai juga Mencetak PCB dengan Teknik Setrika…..


Hasil :
Cara Membuat PCB
^_^ selamat mencoba...

Artikel Terkait Lainnya :


0 comments:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites