Selasa, 28 Februari 2012

Membuat USB to Serial TTL Converter

USB to Serial TTL Converter

Jika ingin membeli device ini, klik dibawah :


Jika ingin membuat device ini, lanjutkan membaca.

Banyak sekali device untuk konversi dari USB ke Serial TTL, diantaranya FTDI, CDC 232, atupun yang lainnya. Mungkin sudah banyak yang mengetahui tentang FTDI, dan tidak banyak yang mengetahui kehadiran CDC-232 ini. Jadi disini, saya akan membahas sekilas mengenai CDC 232 ini.
CDC 232 (Communication Device Class 232) merupakan model komunikasi yang termasuk ke dalam emulasi serial. Interface ini digunakan untuk mentransfer data yang biasanya akan ditransfer melalui antarmuka RS-232. CDC ini akan membuat Virtual Communication Port untuk PC ataupun notebook dan embedded system untuk bertukar informasi. Port COM yang digunakan adalah port serial RS-232 pada motherboard atau ekspansi. Untuk berkomunikasi sebuah device sering melewati RS-232 yang mendukung USB. Tetapi dengan firmware yang tepat, perangkat USB dapat muncul sebagai Virtual Port COM yang dapat mengakses Serial Port.
Perangkat ini dapat digunakan untuk bertukar data dengan perangkat lain dengan tujuan apapun. Sebuah contoh klasik misalnya modem yang memungkinkan PC atau notebook untuk mengirim dan menerima data melalui saluran telepon dan merespon AT (Haves Modem) dari PC. COM-Port ini juga mendukung set perintah khusus vendor untuk akuisisi data, kontrol motor, mikrokontroler, atau pengguna lainnya.
Untuk berkomunikasi dengan COM-Port, device ini juga bisa mendapatkan dan mengatur parameter seperti bit rate, jumlah bit data, dan aliran mode pengendalian. Perangkat ini akan membaca dan menulis ke COM-Port yang diperlukan. Ketika selesai berkomunikasi device ini akan menutup COM-Port tersebut.
Port USB dengan Virtual COM Port merupakan antarmuka atau interface yang memungkinkan aplikasi untuk mengakses perangkat USB seolah-olah port built-in-serial. Banyak perangkat USB dengan dukungan virtual COM port yang berfungsi sebagai jembatan yang mengkonversi antara USB dan RS-232, atau Antarmuka Asinkron Serial.
Tapi COM-Port virtual tidak harus memiliki antarmuka serial sma sekali. Beberapa Virtual COM-Port mengkonversi antara USB dan Antarmuka Paralel yang digunakan untuk mengirim data ke PC melalui USB. Cara lain untuk membuat perangkat Virtual COM-Port menggunakan chip seperti FTDI (FT232 USB UART). Chip ini menangani komunikasi untuk perangkat keras dan memiliki Port Serial Asynchronous yang dapat melakukan antarmuka atau interface dengan perangkat mikrokontroler. FTDI menyediakan driver untuk windows dan OS lainnya. Sebuah chip yang sama adalah FTDI jenis FT245R USB FIFO, yang memiliki antarmuka paralel, bukan port serial.
Kembali ke CDC 232, CDC232 merupakan cara cepat untuk menambahkan COM-Port tersebut dengan koneksi USB. Perangkat ini dapat menggunakan mikrokontroler dengan USB Controller, atau antarmuka CPU ke USB dengan kecepatan tinggi.
Untuk membuat CDC 232 ini sangat mudah, seperti halnya membuat Downloader USB Mikrokontroler. Dengan memanfaatkan ATMEGA8 dimana tempat menanamkan firware, dan ATMEGA8 inilah yang nantinya akan menjembatani Serial TTL menuju USB.

Untuk shcematic CDC 232 ini seperti berikut :
Cara membuat sendiri konverter USB to Serial TTL
Untuk driver dan firmware dapat di download disini : Klik Disini

*Jika dalam pembuatan mengalami kesulitan dan ingin membeli, Techno-BP siap melayani pembelian produk tersebut, lengkap dengan panduan instalasi driver maupun panduan penggunaan (tinggal pakai).

Silahkan menuju link dibawah ini jika ingin membeli CDC-232 :



Artikel Terkait Lainnya :


4 comments:

untuk ic at89s52 bisa gak ya?


BLOG nya BAGUS :) I LIKE IT

support mas untuk windows 7 :D
dan bisa juga untuk AT89S52 :)

terima kasih :)

gan driver sma firmwarenya kok rusak linkny...

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites