Minggu, 04 Desember 2011

Landasan Sistem Instrumentasi

Secara umum pengertian dari instrumentasi adalah peralatan yang mempunyai kemampuan untuk mengatur, mengukur dan menampilkan suatu nilai dari besaran fisika atau sifat-sifat fisis maupun kimia dari bahan yang di ukur.
Pada prinsipnya, proses instrumentasi itu sendiri dapat dibagi menjadi 3 sistem:
  1. Sistem Pengukuran, yaitu peralatan instrumentasi yang hanya dipakai untuk mengukur dan menampilkan suatu besaran fisika maupun sifat-sifat dari bahan yang diukur. Sistem pengukur ini dikenal dengan istilah Measuring system.
  2. Sistem Pengaturan, yaitu peralatan instrumensi yang dipakai untuk mengatur dan mengoprasikan peralatan lain, sehingga variabel yang diatur tersebut bisa di jaga kestabilannya sesuai yang dikehendaki. Sistem pengaturan ini biasa disebut Control System.
  3. Sistem Pengaturan dan Pengukuran, yaitu peralatan instrumentasi yang mampu mengukur sekaligus dapat dipakai untuk mengatur atau mengoperasikan peralatan lain. Sehingga objek yang diatur tersebut dapat dijaga kestabilitasnya sesuai yang di kehendaki. Sistem pengaturan dan pengukuran ini dapat disebut Measuring Control System.

Alat ukur pada prinsipnya dapat dibagi menjadi 2 yaitu alat ukur aktif dan alat ukur pasif. Alat ukur pasif adalah alat ukur yang terdiri dari komponen pasif dan tidak memerlukan catudaya dalam pengoperasiannya. Alat ukur aktif aktif adalah alat ukur yang komponen-komponennya di dalamnya terdiri dari komponen aktif yang bekerja memerlukan catudaya.
Yang perlu di perhatikan untuk alat ukur aktif dan pasif yaitu karakteristik alat ukur tersebut. Karakteristik umum dari suatu alat ukur dapat dibagi menjadi 2 yaitu:

1. Karakteristik Statis
  • Accurancy (ketelitian) adalah kemampuan alat ukur dalam menampilkan harga yang sesungguhnya dari suatu besaran yang diukur.
  • Reproducibility adalah kemampuan alat ukur dalam membaca besaran yang sama apabila pengukuran tersebut di ukur berapa kali, sehingga hasil pengukuran idealnya harus sama.
  • Sensitivity adalah kemampuan alat ukur dalam membaca perubahan terkecil dari harga besaran yang diukur.
2. Karakteristik Dinamis
  • Fidelity, adalah kemampuan alat ukur dalam menampilkan keutuhan sinyal atau variable yang di ukur atau diterima. Alat ini dapat diukur pada alat-alat ukur frekuensi.
  • Responsivens, adalah kemampuan alat ukur dalam mengikuti perubahan dari besaran yang diukur.

Artikel Terkait Lainnya :


0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites