Senin, 05 Maret 2012

Fungsi ORP Meter

Artikel ORP Meter

ORP Meter adalah alat yang memiliki kemampuan untuk mengukur oksidasi dan konsentrasi suatu bahan kimia. Untuk mengoksidasi, bahan kimia bereaksi terhadap oksigen. Sebuah ORP meter mengukur potensi reaksi. Siapa pun yang bekerja di kolam renang dan spa industri menggunakan jenis peralatan ini secara teratur. Pengujian menggunakan ORP meter cepat dan akurat dari tingkat klorin bebas dan pH di kolam renang. Untuk perusahaan renang umum, kesehatan dan keselamatan para perenang sangat penting. Oleh karena itu, penggunaan meter ORP bersama dengan penggunaan alat instrumen lain seperti analyzer ph sangat penting.

Sebuah ORP (Oxidation-Reduction Potential) meter biasanya berisi dua elektroda (muatan listrik antara dua kutub untuk mengukur resistensi di dalam air). Satu elektroda umumnya terbuat dari perak, dan dikelilingi oleh larutan elektrolit. Bagian ini akan ini menghasilkan tegangan yang konsisten. Dengan begitu, dapat memberikan referensi ke probe lainnya untuk dapat dibandingkan. Elektroda lainnya, terbuat dari platina, mengukur tegangan di dalam kolam. Perbedaan pengukuran inilah akan dijadikan data yang akan ditampilkan. Perlawanan dari kedua elektroda ini disebabkan oleh pertukaran elektron ketika oksidasi klorin terjadi. PH air dapat menimbulkan efek pada ORP meter, penganalisis ph biasanya digunakan bersama dengan ORP meter untuk memastikan kadarnya dalam rentang yang memadai. Misalkan sebuah ketahanan yang baik untuk kolam renang adalah di kisaran 600 hingga 700 mV. Menyeimbangkan berbagai klorin bebas residu dan pH adalah dua faktor paling penting dalam keseimbangan kimia yang baik. Jika pH terlalu tinggi (di atas 8) atau terlalu rendah (di bawah 6,8), klorin menjadi kurang efektif.

Tentu saja, penggunaan ORP sangat penting untuk setiap fasilitas kolam renang umum, karena harus menjaga tingkat ph pada rentang yang sangat spesifik. Karena jika tidak menggunakan ORP meter dapat mengakibatkan baik jumlah suatu bahan kimia berbahaya dalam air, atau pertumbuhan tanaman invasif dan bakteri.

Pembacaan ORP meter tidak memberitahu berapa banyak klorin atau asam di dalam air. Sebaliknya, ia memberitahu seberapa efektif klorin ketika ber-oksidasi dengan bahan organik dan sanitasi kolam. Sehingga tidak hanya mengukur kuantitas klorin.

Namun, bukan hanya kolam renang umum saja yang menggunakan ORP Meter ini. Perikanan, peternakan, dan pertanian berbasis air lainnya biasanya perlu, untuk mengukur pengurangan potensi oksidasi untuk menjamin kesehatan ternak mereka. Di beberapa industri, alga ditanam untuk berbagai tujuan. Alga membutuhkan sekumpulan kondisi yang spesifik untuk memenuhi kebutuhan petani. Akibatnya, ORP meter dapat memastikan bahwa kondisi ideal untuk alga untuk berkembang tanpa ancaman spesies invasif.



 
Artikel Terkait Lainnya :


0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites