Selasa, 06 Maret 2012

Fungsi LCR Meter

Artikel LCR Meter

LCR Meter adalah sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk mengukur induktansi (L), kapasitansi(C), dan resistansi(R) dari suatu komponen. Sebenarnya prinsip kerja dari alat ini nilai sebenarnya dari beberapa jenis pengukuran tidak diukur melainkan yang diukur adalah impedansi, impedansi diukur secara internal dan dikonversikan ke layar penampil pengukuran yang dikonversikan ke kapasitansi atau nilai induktansi yang sesuai. Pembacaan akan cukup akurat jika kapasitor atau induktor perangkat yang diuji tidak memiliki impedansi komponen resistif yang signifikan. Selain itu alat ini dapat digunakan untuk pengukuran induktansi atau kapasitansi, dan juga resistansi seri yang sama dari kapasitor dan faktor Q dari komponen induktif.

Biasanya perangkat yang diuji (DUT) dikenakan ke sumber tegangan AC. Pengukuran tegangan dan arus yang melalui DUT. Dari pengukuran perbedaan rasio ini dapat menentukan besarnya impedansi. Sudut fase antara tegangan dan arus juga akan diukur (juga dikenal sebagai amplitudo). Dari perhitungan impedansi yang telah digabungkan, kapasitansi atau induktansi yang setara atau sama, dan resistensi, dari DUT dapat dihitung lalu ditampilkan. Pembacaan juga akan menambilkan hasil yang baik untuk rangkaian yang dirangkai paralel atau seri untuk kedua komponen. Asumsi pengukuran LR memiliki elemen dalam yang seri (seperti yang ditemui dalam sebuah kumparan induktor) dan bahwa prngukuran CR dilakukan dari komponen atau elemen secara paralel (seperti yang akan dihadapi dalam mengukur kapasitor dengan dielektrik bocor). Kegunaan LCR meter juga dapat digunakan untuk menilai variasi induktansi terhadap posisi rotor yang memiliki magnet permanen.

Seperti yang telah dikatakan, bahwa induktansi merupakan salah satu utama yang diukur oleh LCR meter. Induktansi itu sendiri didapatkan dari perubahan aliran arus yang melalui rangkaian dan beberapa perangkat seperti resistor. Hal ini disebut dengan gaya gerak listrik, karena arus listrik menghasilkan medan magnet maka hal ini akan mengurangi terjadinya perubahan nilai yg terhitung saat ini. LCR akan mengukur rasio fluks magnet.

Didalam pengukuran kapasistansi (C), atau muatan listrik. Pengukuran akan menghitung jumlah muatan yang disimpan pada suatu titik tertentu, yang biasa dikenal dengan potensial listrik. Biasanya pengukuran diukur dalam volt, hal ini menunjukkan muatan listrik statis.

Pengukuran dengan LCR meter dapat dilakukan dengan sangat cepat, tergantung dari komponen yang diukur. Pada dasarnya, setelah sumber tegangan AC diberikan, lalu tegangan dan arus diukur (keduanya). Tetapi untuk pengukuran ini akan kurang bekerja dengan baik jika mengukur komponen yang sudah dirakit menjadi alat, dan akan bekerja dengan baik jika pengukuran dilakukan secara sendiri-sendiri atau per komponen dari komponen itu sendiri.


Artikel Terkait Lainnya :


0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites