Senin, 09 Januari 2012

Sistem Membuka dan Menutup Pintu Gerbang secara otomatis menggunakan AT89S51

Pada perancangan di sini yang dimaksudkan meliputi perancangan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat keras yang dibuat meliputi rangkaian catu daya, rangkaian pemancar dan penerima, simulasi pintu gerbang, dan mekasniknya serta pengunci selenoid. Perancangan perangkat lunak dilakukan dengan program assembler ASM51.
Alat yang dirancang akan membentuk suatu system pengedali dengan sistem kerja sebagai berikut. Pertama kali dinyalakan program mikro akan siap mendeteksi motor dan selenoid dan memantau saklar-saklar input dari saklar manual dan input yang merupakan output dari rangkaian/modul penerima remote.
Kombinasi-kombinasi saklar yang ditekan ataupun data output dari remote akan diproses dan diterjemahkan oleh mikrokontroller sehingga mikrokontroller akan menggerakkan motor melalui motor driver sampai tertutup atau terbuka yang dapat diketahui posisinya dari keadaan sensor limit pada waktu pintu tertutup atau terbuka. Hasil dari pemrosesan data penekanan tombol juga akan menggerakkan selenoid untuk mengunci dan membuka pintu.

Alat Dan Bahan
Alat dan Bahan yang digunakan dalam perancangan sistem aplikasi mikrokontroller AT89S51 dalam sistem membuka dan menutup pintu secara otomatis ini meliputi:

Alat :
1. Personal Computer (PC) untuk memprogram .
2. Downloader AT89S51
3. Kabel ISP (In System Programmer ) untuk sownload program dari PC.
4. Rangkaian pemancar dan penerima dari radio kontrol mobil-mobilan.
5. Bok rangkaian
5. Solder
6. Toolset

Bahan :
1. Transformastor CT 3A
2. Dioda IN 4002
3. IC ( LM 7805, 7812), IC L200, IC M54543AL.
4. Transistor BC458
5. Kapasitor 1000μ F/50V
6. Resistor 10 K
7. Motor dc
8. Selenoid
9. Push button
10. Relai
11. LED
12. PCB.

Sistem Kerja Alat
Pertama kali dinyalakan program mikrokontroler akan mematikan motor dan selenoid dan akan memantau saklar-saklar input dari saklar manual dan input yang merupakan output dari rangkaian/modul penerima remote. Kombinasikombinasi saklar yang ditekan ataupun data output dari remote akan diproses dan diterjemahkan oleh mikrokontroller sehingga mikrokontroller akan menggerakkan motor melalui motor driver sampai tertutup atau terbuka yang dapat diketahui posisinya dari keadaan sensor limit pada waktu pintu tertutup atau terbuka. Hasil dari pemrosesan data penekanan tombol juga akan menggerakkan selenoid untuk mengunci dan membuka pintu. Berikut adalah kombinasi tombol yang memiliki arti tertentu untuk membuka atau menutup pintu dan untuk mengunci atau membuka kunci.



*Data lengkap Sistem Membuka dan Menutup Pintu Gerbang secara otomatis menggunakan AT89S51 ini sebanyak 77 halaman berupa E-Book Tugas Akhir yang dibuat oleh seorang mahasiswa PTN yang saya sertakan di dalam CD Downloader USB sebagai fasilitas atau panduan belajar mikrokontroler.
Artikel Terkait Lainnya :


1 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites