Jumat, 22 April 2011

Membuat Display Dot Matrix 8x80 dengan AT89S51/AT89S52

Mikrokontroler

Download Schematic : Klik Disini


Sesuai yang saya katakan kemarin untuk membuat tampilan karakter pada Dot Matrix pada postingan Scrolling Dot Matrix 8x8, disini dibuat Display Dot Matrix 8x80. Disini bukan hanya menampilkan karakter, tetapi juga membuat animasi teks sesuai dengan keinginan kita. Tetapi untuk membuat tampilan ini tidak hanya bermain diprogram saja, melainkan membuat animasi teks tersebut pada Ulead Gif Animator ataupun pada Adobe Photoshop. Karena Dot Matrix ini dibuat dengan ukuran 8x80, maka animasi yang dibuatpun 8x80. Filenya disimpan berupa format JPG ataupun BMP, setelah itu buka paint lalu ubah filenya menjadi format BMP Monochrome selanjutnya di ekstrak dengan Bitmap Extractor. Langsung aja gan ke Rangkaian dan Source Code.

Rangkaian :
Rangkaian Display Dot Matrix 8x80 dengan AT89S51/AT89S52

Source Code :


Definisi port yang digunakan menggunakan listing :
KONTROLBARIS    equ P3
DATANYA         equ P2.6
CLOCKNYA        equ P2.7

Program utama terletak pada :
   ORG 0000H
MULAI:
   MOV R5,#248
   MOV DPTR,#ANIMASI_DATAKU1
   CALL DISPLAYNYA
   MOV R5,#240
   MOV DPTR,#ANIMASI_DATAKU2
   CALL DISPLAYNYA
   MOV R5,#240
   MOV DPTR,#ANIMASI_DATAKU3
   CALL DISPLAYNYA
   MOV R5,#208
   MOV DPTR,#ANIMASI_DATAKU4
   CALL DISPLAYNYA
   SJMP MULAI


penampilan display menggunakan source code :
DISPLAYNYA:
   MOV R6, #0FEH
   MOV PUTARAN, #5 

PUTARAN_DISPLAY_GRAPHIC:
   MOV KONTROLBARIS, #0FFH
   CALL BACA_DATA_BARIS
   CALL KIRIM_DATANYA_KEDISPLAY
   MOV KONTROLBARIS, R6
   MOV A, R6
   RL A
   MOV R6,A
   CALL DELAY
   CALL DELAY
   CALL DELAY
   CALL DELAY
   CALL DELAY
   NOP
   NOP
   NOP
   NOP
   NOP
   NOP
   DJNZ R5,PUTARAN_DISPLAY_GRAPHIC
   RET


waktu delay :
DELAY:
   MOV R1,#01
   CALL DELAY1
   RET
DELAY1:
   MOV R3,#2FH
DELAY2:
   MOV R2,#0AH
   DJNZ R2,$
   DJNZ R3,DELAY2
   DJNZ R1,DELAY1
RET
 

Data yang disimpan dalam register R5 :
;****************************************************************
ANIMASI_DATAKU1:
db 0EFH, 0DFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FBH, 0F7H
db 0F4H, 0BFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FDH, 02FH
db 0F8H, 07FH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FEH, 01FH
db 0F0H, 03FH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FCH, 00FH
db 0F0H, 03FH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FCH, 00FH
db 0F8H, 07FH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FEH, 01FH
db 0F4H, 0BFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FDH, 02FH
db 0EFH, 0DFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FFH, 0FBH, 0F7H

...dan seterusnya....

selanjutnya dalam program dibuat juga untuk melakukan pengiriman data ke sejumlah kolom maupun scanning jumlah baris.


*Schematic dibuat oleh penulis menggunakan Proteus 7.5 SP4, dan compiler menggunakan MIDE-51. Bagi yang belum mempunyai dapat download link dibawah ini:
Download Proteus 7.6 SP4 :Klik Disini
Download MIDE-51 :Klik Disini




*Mulai tanggal 10 Januari 2012, link download full source code telah resmi di hapus. Data Schematic dan Full Source Code Display Dot Matrix 8x80 dengan AT89S51/AT89S52 ini saya sertakan di dalam CD Downloader USB sebagai fasilitas atau panduan belajar mikrokontroler. trims. harap maklum.


Artikel Terkait Lainnya :


15 comments:

mas kasih tau juga cara bikin listing pogramnya dari dasar.

mungkin jika ingin belajar dari dasar, bisa membaca artikel saya tentang Membaca Port pada AT89S52, Memanfaatkan Timer pada AT89S52, dsb. guna untuk memahami penggunaan port dan listingnya.

untuk menggeser tulisan dari kanan ke kiri .tanpa pake animasi gimana listing programnya?

kalau misalkan program seperti yg diatas dibuat dengan bitmap extractor, serta photoshop untuk membuat model tulisannya, bitmap extraxtor digunakan untuk mengubah file gambar extensi bmp dengan pixel 8x80 ke kode heksa, seandainya memakai 7-segmen dapat menggunakan rotasi kanan atau rotasi kiri.

bisa kasih contohnya bos ,soalnya masih pemula?

mas ,, kasi tahu komponen apa saja yang digunakan membuat running text 8x80

ini yg bertanya lewat facebook yaa?

Wow ... Salam keren gan :D

Mas,,jalankan Proteus,lisensi sama pin udah,,.kok ndak jalan gimana mas Haviz,,....dibantu ya .....trimssss

maksudnya gimana ya? proteusnya error?

gan klo dot matrixnya yang brapa kaki di pake
tolong dong kasi tutorial bitmap extractor
g tau ni makenya

wah kalau tutorial saya tidak punya mas.
hanya secara garis besar, saudara membuat file gambar telebih dahulu, bisa menggunakan software ulead gif, atau photoshop dengan ukuran bisa 8x80 tau sesuai file gambar yg dapat diproses oleh ekstractor. lalu disimpan dalam file berformat *.bmp, ketika sudah buka menggunakan paint bawaan windows, lalu save dengan format monochrome bitmap.
setelah sudah monochrome bitmap, file baru bisa dibuka oleh bitmap ekstractor, dan langsung menampilkan kode heksa.

permisi gan
knapa setelah dirancang kelihatan kedipan lednya saat pergantian karakter

Hello, I need help in this project. Can you provide me your coding along with your schematic? This code is half. I need full working code.

Help me please. I will be very much grateful to you for this act of kindness sir.

I don't know indonesian but I know english.

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites